Solusi Instal Ulang Windows jika File setupdd.sys could not be loaded. The error code is 4

File setupdd.sys could not be loaded.
The error code is 4
Setup cannot continue. Press any key to exit

Ketika saya dimintai bantuan oleh seorang rekan saya  untuk menginstal Windows XP di komputernya, tiba-tiba ditengah proses instalasi muncul tulisan seperti diatas.
File setupdd.sys could not be loaded.
The error code is 4
Setup cannot continue. Press any key to exit
dengan latar belakang layar monitor berwarna biru, sempat dibuat pusing dengan masalah ini.
Saya coba dengan mengganti cd instalasi dengan cd lain siapa tahu cd yang saya pakai sudah rusak karena banyak goresan-goresannya, tetapi tetap saja pesan error itu muncul.
lalu saya coba dengan mengganti Drive cd room-nya, dengan yang lebih baru , msalah tetap saja muncul.
Dicek melalui bios, semua tampak normal harddisk 20Gb terbaca dengan jelas sebagai slave.
Cdroom juga terbaca sebagai Samsung CD room
memori 256 Mb terbaca normal.
Pusing dengan masalah tersebut lalu kemudian saya googling untk mencari solusinya.
Alhamdulillah didapatlah pencerahan yang dapat mengatasi masalah tersebut diatas. berikut langkah-langkah pemecahan masalahnya :
1. Cek Memory
Lihat apakah memory terpasang dengan baik, keduapengunci di kiri dan kanan memory harus terikat dengan kencang. jika sudah kencang. lihat apakah memory terdiri dari satu keping atau dua keping.
biasanya memory yang terdiri dari dua keping atau lebih, jika salah satunya rusak, komputer tetap bisa menyala, dan terbaca di BIos dengan volume yang utuh. walaupun memory tersebut rusak.
solusinya adalah, cabut salah satu memory, kemudian nyalakan komputer, begitu sebaliknya dengan memory yang lain, nanti akan ketahuan mana memory yang masih bagus, mana memory yang sudah rusak, jika memory sudah rusak , ketika menyalakan komputer ertama kali akan terdengan bunyi “Beep….” yang panjang.
jika sudah diketahui mana memory yang rusak, cabut memory tersebut dan jangan dipasang lagi. jalankan memory dengan satu memory yang masih baik, dengan demikian kita masih isa mengguakan komputer tersebut baik untuk pekerjaan ataupun  untuk di instal ulang, sebagai catatan untuk menginstal windows XP dibutuhkan minimal memory sebesar 128 Mb saja.
2. Cek Semua perangkat PCI
Jika cara pada point stu (1) diatas tidak memberikan solusi yang maksimal, coba dengan cara kedua , Cabut semua perangkat yang menempel pada slot PCI di konmputer. kemudian pasangkan satu persatu.Pasangkan satu dulu kemudian nyalakan komputer, jika muncul pesan yang sama, cabut perangkat PCI yang anda pasang, kemudian coba lagi perangkat PCI lain, kemudian coba nyalakan lagi, nanti akan diketahui mana perangkat PCI yang layak pakai, mana yang sudah rusak, yang sudah rusak jangan dipakai lagi.
3. Bersihkan semua kotoran yang menempel
jika kedua cara diatas masih tidak memberikan hasil, coba bersihkan semua kotoran dan debu yang menempel pada motherboard, dan perangkat-perangkat lain yang menempel pada motherboard tersebut. membersihkannya bisa menggunakan kamoceng atau kuas yang bersih, lebih baik lagi jika menggunakan blower (alat peniup angin) atau vacum cleaner.
cara membersihkan yang lebih baik lagi adalah dengan membongkar semua perangkat yang menempel mulai dari motherboard, harddisk, memory, cd room, perangkat-perangkat PCI, dan power supply, jadi cassing komputer benar-benar kosong.
setelah semua perangkat yang dibuka tadi dibersihkan, kemudian rakit kembali komputernya.
cara ini direkomendasikan untuk orang yang sudah memahami cara perakitan komputer.
setelah itu coba nyalakan kembali komputernya. biasanya setelah di rakit ulang komputer akan terasa fresh lagi.
demikian rangkuman cara mengatasi masalah “File setupdd.sys could not be loaded.” yang di rangkum dari beberapa sumber hasil googling dan blog walking di blog orang lain.
semoga bermanfaat.

1 Response to "Solusi Instal Ulang Windows jika File setupdd.sys could not be loaded. The error code is 4"