pengalaman ngeblog sampai menghasilkan uang dari blog


dikutip dari anakunhas.com
pusing juga neh mau nulis awalnya bagaimana… tapi coba saya uraikan satu persatu. setidaknya pengalaman saya ini menggambarkan bagaimana perjalanan sebuah blog sampai bisa menghasilkan $$$
yang pasti anakunhas sudah mulai blogging atau boleh dikatakan mengenal blogging itu di pertengahan tahun 2007. awalnya sih mendengar seorang teman yang sudah mulai aktif blogging, saya sampai bertanya tanya apa sih blogging itu. setelah saya perhatikan ooh ternyata bikin tulisan kayak bikin diary (hehe setidaknya begitu pemahaman awal saya)
tak berapa lama kemudian seorang rekan lagi si blogger parttime mengajak untuk berblogging ria dan menghasilkan uang dari internet.
wah menghasilkan uang dari internet?” yang menjadi tanda tanya besar saat itu waah kok bisa ya? (heh maklum belum tahu apa apa)
akhirnya saya dikirimi file pdf oleh blogger parttime mengenai apa itu blogging dan sekilas mengenai google adsense. sambil mengisi kegiatan sehari hari, saya sempatkan waktu untuk mempelajari file pdf tersebut, dan akhirnya setelah saya pahami, mulai lah saya menapakkan kaki di dunia blog, namun dengan cara yang tidak tepat!
kenapa saya katakan tidak tepat? ya karena tidak ada yang membimbing, semua saya lakukan dengan belajar otodidak. maka mulai lah saya ber blogging, awalnya sih saya membuat blog di layanan multiply situs layanan blog yang menurut saya saat (tahun 2007) itu lagi trend, beberapa foto sudut makassar saya angkat di blog saya waktu itu, mulai dari pasar senggol, aktivitas PSM di sore hari dan lain lain yang menceritakan sudut sudut kota makassar
disisi lain saya juga melakukan apply account ID penayang adsense, waktu itu awalnya saya mencoba apply dengan situs multiply yang saya buat, alhasil tidak approve hehe (saya juga tidak tahu kenapa). dan akhirnya info dari si blogger parttime lagi lah yang saya ikuti, “kalau mau cepat approve dapat id penayang adsense harus blog dengan konten bahasa inggris dan bukan blog gratisan!”
hmn.. bukan gratisan.. dapat dari mana? akhirnya tanpa pikir panjang saya melakukan applikasi ke google adsense dengan sebuah situs pendidikan bahasa inggris yang memang saat itu masih saya kelola baik hosting, domain dan maintenance nya. alhasil kurang 2 seminggu si om google menjawab dengan mengirimkan sebuah surat ke rumah saya saat itu yang berisi id penayang adsense.
heheh hore!! akhirnya dapat juga id penayang adsense, (sayang saya sudah tidak ingat lagi dimana aku simpan surat cinta dari google tersebut, kalo ada langsung saya scan lah sebagai bukti) yang ada dipikiran saya saat itu wah saya sudah bisa mendapatkan uang dari internet. namun ternyata dibalik kesenangan itu ada masalah besar yang muncul.
situs multiply yang saya gunakan untuk blogging ternyata tidak bisa dipasangi iklan dari google adsense. waduh untuk apa saya blogging kalo begini?
belum hilang rasa kesal terhadap masalah itu, entah kenapa beberapa postingan yang telah aku buat hilang di multiply! (sialan, udah capek2x nulis, tulisanya malah hilang!) saya juga tidak tahu kenapa bisa hilang? apakah karena memang situs multiply itu gratisan? yang pasti mood saya waktu itu untuk blogging sempat hilang, karena saking jengkelnya. tulisan tulisan unik yang telah saya buat sebelumnya hilang entah kemana. akhir ya waktu itu saya vakuum alias tidak ada aktivitas menulis di blogging.
sembari waktu berjalan akhirnya id penayang adsense tersebut saya pasang di situs pendidikan bahasa inggris yang saya kelola, dengan asumsi ; ya dari pada tidak digunakan mending saya pasang saja disitu sambil saya lihat apakah memang ada perputaran angka $ dollar yang terjadi
mengamati adsense tersebut akhirnya saya mulai melihat geliat pertumbuhan $ meskipun cent per cent tapi ada!
nah kembali di pertengahan tahun 2008, saya kembali menemukan semangat, dari seorang rekan yang sangat aktif di friendster (waktu itu memang zamannya friendster, maklum pengguna Facebook masih kurang saat itu) dari blog yang iya punya saya mendapatkan inspirasi baru dan kembali punnya semangat untuk menulis
tapi kembali menjadi tanda tanya … “wah pake apa neh”  akhirnya hari hari berlalu begitu saja … ya sambil cari ide.., (hehe kata blogger partime, cari idenya kelamaan dan tidak langsung action) dari tutorial yang saya pelajari akhirnya saya menyimpulkan : sebuah blog harus memiliki kata kunci yang gampang di ingat orang. dan kalau bisa memiliki tingkat pengunjung yang baik dengan adanya fasilitas chat atau forum (setidaknya begitulah pemahaman awal saya yang ternyata salah)
nah setelah berputar putar akhirnya saya memilih menggunakan layanan dari ning.com. waktu itu saya terinspirasi oleh situs takalar.ning.com besutan om caesarleo (personel makassarterkini) waah waktu itu sih aseek karena semua gratis. fitur fitur dari ning.com sangat memuaskan karena sambil blogging kita bisa membuat komunitas social didalamnya.
kemudian yang terjadi, “wah apa ya namanya blog ku”, akhirnya setelah mengkonsep beberapa hari (saya sendiri sudah lupa eheh berapa lama dapat tuh nama blog) akhirnya terpilih lah nama “anakunhas
nah alasannya kenapa saya pilih nama itu? yang pasti : pertama karena nama itu unik, pasti menduduki ranking pertama di google nantinya, yang kedua, semua mahasiswa yang kuliah di unhas sebutannya adalah anakunhas, setidaknya itu lah namanya. siapa pun dia yang kuliah di kampus unhas pasti dipanggil anakunhas. yang terkahir adalah harapan dengan bergulirnya mahasiswa setiap tahunnya maka repetisi pengunjung blog bisa tetap ada.
berbekal harapan itu dimana nama yang unik dan harapan adanya pembaca baru setiap tahunnya yang pasti akan bergulir jika blog anakunhas dikenal maka mulai lah blogging kembali saya lakukan.
awal 2009, facebook sudah mulai booming, dan saya sendiri pun semakin gencar di bermain dan berblogging ria dengan menggunakan layanan blogger.com yang saya kombinasikan dengan ning.com
alhasil dengan cara tersebut anakunhas.blogspot.com dan anakunhas.ning.com saat itu menduduki peringkat awal dan pastinya halaman depan dari search page google setiap menuliskan kata kunci anakunhas heheh (ya iyalah pastinya karena namanya uniq en blom ada saingan dengan kata kunci tersebut)
proses blogging terus berjalan, mulai dari artikel yang saya susun sendiri, bahkan ada juga yang copy paste dari beberapa blog lain, yang pasti url sumber saya sebutkan (maklum ini berkat arahan seorang rekan dari komunitas blogger angingmammiri, tapi saya sendiri sudah lupa dengan beliau bahkan nama blognya sendiri saya juga sudah lupa hehe) semoga saya tidak dicap kacang yang lupa akan kulitnya!
perjalanan menulis di blogging terus berjalan, hingga akhirnya sesuatu yang membuat seperti jantung berhenti berdetak terjadi… dimana tiba tiba anakunhas.ning.com sudah tidak bisa lagi digunakan, alias bisa pake tapi bayar… buseet, gemana caranya neh bisa eksis en keren… punya komunitas social sendiri kayak facebook.
akhirnya saya putuskan kembali belajar lagi, bgmana sih agar eksistensi blog bisa tetap dipertahankan? akhirnya dari beberapa tutorial yang saya pelajari saat itu secara otodidak menyimpulkan nama blog harus komersil dan kalau bisa dot com agar lebih profesional,
berbekal pengetahuan pas pasan tersebut akhirnya terbelilah sebuah domain, www.anakunhas.com, maklum masih mudah mendapatkan nya saat itu karena nama itu memang belum banyak yang melirik.
begitu apply di cheapdomain nama www.anakunhas.com langsung ready. (maklum belum pernah ada yang pakai)  nah langkah selanjut nya waktu itu mengarahkan domain tersebut ke anakunhas.blogspot.com
dan akhirnya mulailah saya berblogging kembali dengan blogger dot com. tanpa memikirkan lagi anakunhas.ning.com yang tenggelam dengan sendirinya
saya sendiri tidak tahu kenapa bisa kembali semangat berbloggin ria, yaah mungkin karena ini hobby yang terpendam? yang pasti saya sangat suka menulis pengalaman memperbaiki sesuatu atau membuat sesuatu dari barang bekas dsb.
seiring perjalanan waktu akhirnya kembali juga ke permasalahan awal, hobby ngeblog tapi ndak dapat apa apa? akhirnya kembali belajar lagi, semua fitur dimaksimalkan, mulai dari template blogspot, upaya memaksakan iklan adsense muncul di konten bahasa indoneisa, menggunakankan twetterfeed untuk updating facebook dan twitter anakunhas, malah sempat nyuri keyword pencarian di situs jevuska.com agar posting yang naik cepat terindex (semoga yang punya jevuska.com memafkan aku), bahkan sampai sebar sticker www.anakunhas.com di kampus unhas! jangan salah disetiap fakultas malah,  bahkan saya tempeli juga di tempat tempat pengumuman.
semangat saya ngeblog semakin bertambah setelah mendengar sebuah cd motivasi yang dibawakan oleh asri tadda (pendiri astamedia group) yang intinya menerangkan keberhasilannya dalam merintis sekolah blogging pertama dan  dengan blogging kita juga bisa menghasilkan uang.
inilah mungkin yang disebut “jika mau menguasai sesuatu, bergurulah pada orang yang tepat” ya tapi waktu itu saya tidak ada yang ajari, cuman belajar sendiri jadi begini lah nasib nya hehe
oke kita lanjut cerita. 2008 sampai awal 2011 saya jalani dengan tetap konsen ngeblog, berbekal pengetahuan yang saya miliki, dan akhirnya di awal bulan april 2011 kembali lagi si blogger partime menawarkan, kalo bisa saya menggunakan layanan hosting dan domain berbayar agar penghasilan bisa bertambah dengan cepat,
entah saya kerasukan setan apa, tiba tiba saja saya nurut perkataan blogger partime (mungkin ini yang disebut hidayah dari tuhan) dan akhirnya mulai lah saya menggunakan layanan domain dan hosting berbayar, mula mula saya mengambil hosting di bluehost, (atas saran blogger partime) kemudiann setelah itu domain www.anakunhas.com saya alihkan NS (name server) nya ke hosting tadi, allhasil blog anakunhas berpindah, proses terus berjalan dan termasuk pemindahan kontentnya juga berhasil (semua atas arahan blogger partime)
lanjut ; waktu terus berjalan, seperti saya berlajar langsung dari seorang master, semua arahan, metode saya ikut dengan cara mencata di note pad, (takut lupa hehe) dan tak lupa umpatan-umpatanya masih terngiang sampai sekarang hahaha. alhasil situs blog anakunhas resmi onboard di hosting berbayar bluehost di akhir bulan Mei 2011.
dan mulai lah saya mengenal alam blogging baru. apa yang terjadi? luar biasa, saya tidak menyangka sama sekali yang dulu nya visitor saya perhari paling bermain diangka 100an orang per hari langsung melonjak ke angka 4000 orang perhari, dan itu pun terus bertambah sampai sekarang. percepatan naiknya pemasukan dollar juga terjadi di account adsense yang dulu nya hanya $0,1 perhari sekarang menjadi $3 perhari dan itu pun terus bertambah seiring waktu.
dan akhirnya akumulasi pendapatan dari tahun 2007 sampai juni 2011 akhirnya mencukupi ke angka pencairan (haha lucu juga melihatnya tapi akhirnya cair juga) yang lucu disini saya tidak tahu kalau tanggal 27 kemarin adsense sudah cair, nanti setelah blogger partime mengingat kan baru saya menjadari haha dan begini lah tampilan pembayarannya dari om google
riwayat pembayaran adsense
berbekal lembaran yang sudah saya cetak dari tampilan diatas langsung saya ke kantor pos untuk membuktikan kebenarannya bisa cair apa tidak. dan setelah tiba disana ternyata sudah banyak yang antri, dan disini lah terjadi percakapan lucu waktu saat akan mencairkan kebetulan didepan saya ada seorang ibu-ibu yang juga sedang mencairkan dana dari western union
CS kantor pos : “bisa saya bantu dek”
anakunhas : “iya mbak ini saya mau cairkan transfer uang”
CS Kantor pos : “maaf ini dari mana?
anakunhas : “dari google mbak”
CS kantor pos : “oh kalo begitu tolong siapkan foto copy ktpnya untuk saya proses,…. nanti bersamaan dengan ibu ini”
tiba tiba ibu yang disamping saya nyeletuk,
ibu-ibu : “adek ini punya keluarga di gugel yah?
anakunhas : “(sambil senyum) “eh ..iya bu..”
ibu-ibu : “kakaknya disana?”
anakunhas : (pusing mau bilang apa…si CS kantor pos cuman senyum senyum saja).. mm iya bu..”
ibu-ibu : “iyya bagus memang pake Western Union, kiriman anak saya yang paling tua, cepatnya sampai dari malaysia”
anakunhas : “iya bu, itu sangat membantu sekali”
ibu-ibu : “gugel itu dimana ya?
anakunhas : “(waaah mampus aku, mo bilang apa  neh…)” mmmm di amerika bu”
ibu-ibu : “wah pasti kerja kakaknya disana bagus ya, bisa kirim uang sama adeknya”
anakunhas : (sambil garuk garuk kepala) “he he iya bu…”
ibu-ibu : “tidak usah malu malu begitu… itu tandanya adek punya kakak yang baik…”
anakunhas : “hehe iya bu”
akhirnya si ibu tadi pamit deluan setelah menerima dana pencairan sebesar 2 jt rupiah dari western union, dan tiba giliran ku, dan ah syukur alhamdulillah, cair juga, apa yang selama ini saya kira sulit ternyata sangat mudah, perasaan campur aduk waktu menerima dana tersebut, tapi itulah yang terjadi,
dari situ bisa saya tarik kesimpulan, siapa pun anda, apapun profesi anda jika anda konsen blogging, anda bisa menghasilkan dana dari aktifitas blogging…
disini yang perlu dipahami bahwa menghasilkan uang dari blogging adalah hal yang sangat bisa, dan reachable yang penting konsisten dalam menjalankannya, dari pada kita harus membuka usaha yang umum dilakukan orang, belum tentu bisa jalan dengan baik dan laku, belum lagi ancaman resiko seperti kebakaran dll, lihat saja kasus kebakaran pasar sentral makassar hari ini, berapa banyak orang yang kehilangan modal dan barang jualannya? kasihan kan, nah beda dengan blogging pangsa pasarnya lain, dan banyak yang bisa dikelola disitu, sebagai inspirasi, ada rekan saya yang aktifitasnya cuma bermain di blog gambar saja tapi tetap bisa mendapatkan hasil dari situ.
nah sekarang terserah anda yang menentukan
selamat belajar blogging, dan ngeblog

2 Responses to "pengalaman ngeblog sampai menghasilkan uang dari blog"