Bank Tertua Didunia

Posted Image

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita mengenal sebuah badan usaha pengelolaan uang yang disebut bank. Bank yang dalam undang-undang perbankan didefinisikan sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan lainnya, hadir dengan tujuan meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Kata bank berasal dari bahasa Italia yaitu banca yang berarti tempat penukaran uang. Sekarang ini, bank beserta industri perbankannya telah tumbuh dan berkembang begitu pesat, dengan segala macam bentuk pelayanannya.

Bicara tentang bank, salah satu bank tertua di dunia ada di Italia. Adalah Banca Monte dei Paschi yang didirikan pada tahun 1472. Bank ini berada di kota Siena.


Posted Image

Pada mulanya, bank ini dibentuk sebagai Monte di Pieta atau Monte Pio yang merupakan sebuah lembaga penyaluran pinjaman untuk masyarakat kurang mampu. Uang pinjaman itu bersumber dari dana amal yang dikumpulkan oleh masyarakat yang lebih mampu.

Menurut satu catatan sejarah tentang bank ini juga, pada masa awal pendirian bank, banyak warga Siena yang memasang pendapatan dari tanah sebagai jaminan terhadap pinjaman.

Hingga sekarang, Banca Monte dei Paschi yang memiliki banyak cabang di Italia tetap berdiri dan diakui sebagai salah satu bank tertua di dunia. Karena usianya ini, Banca Monte dei Paschi juga sangat dihormati reputasinya.

Sumber : http://gustav-econim...a-di-dunia.html

0 Response to "Bank Tertua Didunia"

Posting Komentar