Sejarah Mafia DI New York

Mafia pernah menghiasi perjalanan sejarah negeri paman sam. Kalau dikira2, usia mafia sudah lebih dari seabad. Secara umum, kata mafia sering diasosiasikan/diartikan dengan kumpulan penjahat keturunan italia/sisilia. Mereka melakukan aneka kejahatan secara terorganisir. Organisasi mafia amerika yang kita kenal sekarang adalah:

1. boss/don (kepala mafia)
2. under boss (wakil kepala mafia)
3. consigliere (penasehat)
4. capo regime/capo/capten/skipper (panglima pasukan)
5. soldier/soldato/button (prajurit/anggota biasa)
6. associate member (calon anggota atau bukan anggota tapi bekerja utk mafia)

Hierarki tersebut adalah "warisan" dari Salvatore Maranzano/Don Maranzano, kepala mafia terkuat di New York di awal abad ke-20. Jadi gini ceritanya, di NY awal abad 20, ada 2 kelompok (keluarga) mafia yang cukup besar, berpengaruh, dan ditakuti. Keluarga Salvatore Maranzano dan keluarga Giuseppe Masseria (Joseph Masseria atau Joe Masseria). Masing2 memiliki ratusan anak buah. Kerjaan mereka di antaranya: pemalakan, perampokan, penyelundupan miras, pelacuran, pembunuhan, judi, dan rentenir. Persaingan di antara mereka semakin sengit hingga muncullah perang besar dua keluarga mafia itu yang dikenal dengan nama Perang Castellammarese. Ratusan orang tewas dalam perang tersebut. Puncaknya adalah dengan terbunuhnya Joe Masseria. Joe diduga kuat dibunuh oleh sekelompok anak muda yang dipimpin oleh Charlie Luciano.

Dengan terbunuhnya Masseria, posisi Maranzano semakin kokoh tak tertandingi (semeeeeeen kalleee....). Maka dia mengumpulkan seluruh keluarga mafia yang ada dalam sebuah pertemuan rahasia. Ratusan anggota dan kepala mafia NY dan negara2 bagian lain hadir. Pertemuan itu digambarkan laksana sebuah upacara keagamaan katolik roma. Di sanalah Maranzano mengangkat dirinya sebagai capo di tutti capi (boss of bosses, pimpinan dari seluruh kepala mafia). Diapun menetapkan struktur organisasi mafia seperti di atas. Dia juga membagi2 wilayah NY kepada beberapa keluarga mafia yang dia tunjuk sendiri para kepalanya, di antaranya: Charlie Luciano (alias Lucky Luciano), Giuseppe/Joe Profaci, Vincent Mangano, Gaetano Gagliano, dan Giuseppe/Joe Bonanno.

Dalam perjalanannya, Maranzano kemudian dibunuh (diduga oleh rencana dan perintah Luciano). Posisi boss of bosses kosong. Luciano kemudian mengumpulkan semua keluarga mafia. Dia sedikit merombak struktur peninggalan Maranzano. Dia hanya menghilangkan posisi boss of bosses. Sebagai gantinya dia membuat apa yang dikenal sebagai "The Comission". Ini adalah semacam sindikasi para mafia senasional amerika. Mungkin komisaris, klao diperusahaan. Sementara struktur keluarga mafia ala Maranzano tetap dipakai. Di The Comission diputuskan berbagai hal terkait dunia kriminal mafia, seperti penyelesaian persengketaan, pembagian kekuasaan/wilayah, bisnis bersama, hingga memutuskan untuk menghukum mati anggota/boss mafia yang tidak disukai/membahayakan sindikat tersebut secara keseluruhan.

NY dikuasai oleh yang dikenal sebagai five families, lima kelompok mafia terkuat dan terbesar, yaitu:

1. Luciano Family (kelak disebut Genovese Family, Vito Genovese adalah nama boss sesudah Luciano)
2. Profaci Family (kelak disebut Colombo Family, Joe Colombo boss sesudah Profaci)
3. Bonanno Family (masih disebut nama ini hingga sekarang, walaupun Joe Bonanno sdh wafat)
4. Reina Family (kelak disebut Lucchese Family, Tommy LUcchese boss sesudah Reina)
5. Mangano Family (kelak disebut Gambino Family, Carlo Gambino boss sesudah Mangano)

Di The Commission juga duduk kepala organisasi kejahatan selain keturunan italia/sisilia, di antaranya Dutch Schulz, Meyer Lansky, dan Bugsy Siegel. Mereka adalah orang2 yahudi. Para mafia itu juga membentuk sebuah grup khusus yang mendapat tugas khusus utk membunuh. Media massa menyebutnya sebagai Murder Inc. Kepala Murder Inc. adalah Umberto Anastasio (Albert Anastasia). Di antara anggotanya yang terkenal adalah Louis "Lepke" Buchalter dan Abe "Kid Twist" Reles. Mereka pembunuh profesional.

The Commission punya "cabang2" di luar NY. Keluarga2 lain di luar NY berafiliasi dengan five families di NY.

Selain keturunan italia dan yahudi, juga ada gangster keturunan irlandia. Tapi kurang ngetop. Padahal mereka juga berbahaya dan sama jahatnya. Struktur organisasi mereka agak berbeda dengan mafia italia. Tapi saya gak tau informasi detailnya. Yg saya tau: ada boss, ada first lieutenant (semacam capo di mafia), dan ada soldier.

Kalo di filem2 mungkin sosok mafia terkenal adalah Alcapone dari Chicago, padahal mafia terkuat ada di NY.

Hingga akhir 50-an tidak ada yang tahu seperti apa makhluk mafia itu. Orang2 cuma denger/lihat permukaannya saja yang diberitakan. Di era 60-an, adalah Joe Valachi, anggota mafia yang ditangkap FBI, yang pertama kali membocorkan rahasia dunia mafia. Semua hal mulai dari sturktur keluarga, para kepala mafia, hingga the commission, dibongkar habis.

Kehidupan mafia yang flamboyan, sering diangkat ke layar lebar maupun layar kaca. Berikut film2 mafia terbaik (menurut saya):

1. The Godfather part 1, 2, dan 3 (starring: marlon brando, alpacino, robert deniro). Mengisahkan sepak terjang keluarga Corleone di NY.

2. Goodfellas (starring: robert deniro, joe pesci, ray liotta). Diangkat dr kisah nyata seorang associate member dari keluarga Lucchese di NY, Henry Hills.

3. Donnie Brasco (starring: johnny depp, alpacino). Diangkat dr kisah nyata Joe Pistone/Donnie BRasco, seorang agen FBI yang menyusup ke keluarga Bonanno di era akhir 70-an - '80an. Melalui Joe, FBI berhasil menangkap begitu banyak anggota mafia.

4. The Sopranos (starring: james gandolfini). Serial mafia di televisi. Berkali2 dpt emmy award. Disebut2 sbg serial tv terbaik di amerika.

5. The Departed (starring: jack nicholson, leonardo dicaprio, matt damon, mark wahlberg). Ini mengenai sepak terjang mafia irlandia.

6. Miller's Crossing (saya belom nonton, tp baca2 review-nya kayaknya oke). Ini mengenai persengketaan di antara keluarga gangster irlandia.

Sekian mengenai permafiaan....

0 Response to "Sejarah Mafia DI New York"

Posting Komentar