Cara Reset Default Printer Brother Multifunction


Halo semua, saya punya printer baru merk Brother, ya karena saya ga mau ketinggalan informasi saya cari cara kalo ada trouble pada printer itu, maka kali ini saya coba share cara untuk reset ke default (dalam arti setingan default dari pabrikan brother). Dalam hal ini printer brother yang digunakan adalah MFC 6490CW.

Awal masalah yang saya hadapi ketika belakangan ini printer brother di kantor tidak secara otomatis menerima fax. Kirim fax tidak ada masalah tetapi begitu menerima fax, tidak ada bunyi fax, dan hanya tersangkut di printer. Muncul warning 1 document, fax preview pada mesin brother. Memang sih, fax preview bisa kita print manual, tapi hal ini tidak efisien mengingat kalau fax yang masuk banyak, maka kita harus print semua dengan cara manual. It wastes time.


Saya coba mengubah beberapa setingan (sesuai petunjuk manual printer), tapi hasil yang saya dapatkan, fax masih tersangkut dan tidak ter-print otomatis. Solusi terakhir hanyalah reset default, mengingat setiap ada masalah seperti hasil print lambat, gagal untuk print dan fax saya selalu reset default. Walau setingan printer brother tidak pernah diubah/diutak-atik tapi tetap aja masalah bisa datang suatu saat.
Cara yang saya tempuh untuk reset default :

cabut kabel power -> tekan tahan tombol menu lalu colokkan kembali kabel power, tekan tombol menu terus sampai keluar maintenance (kira-kira 10 detik), lalu tekan 91 -> akan muncul parameter unit -> maintenance -> lalu tekan 99 -> finish

maka printer brother akan terset default kembali.

Tentunya setelah diset default, semua komputer kantor tidak bisa print dan scan via printer brother tersebut, mesti direinstal kembali driver brother dimana dalam CD kemasan driver hanya support windows XP, untuk windows 7 bisa didownload online.
Semoga bermanfaat. :D
Tinggalkan komentar bila hendak meninggalkan lapak. :)

0 Response to "Cara Reset Default Printer Brother Multifunction"

Posting Komentar