Teknik foto Makro

Sekarang ini fotografi menjadi hoby yang sudah menghipnotis banyak manusia dibumi ini, terbukti dengan banyaknya komunitas-komunitas dan karya-karya yang fantastik yag di sulap oleh para fotografer menjadi karya yang luar biasa. Salah satunya adalah foto Makro, Foto Makro mengambil objek yang keci seperti binatang kecil atau obyek kecil lainnya untuk mengeksplorasi detil dan tektur yang tidak nampang jelas secara kasat mata.

Dalam kenyataannya peralatan yang dibutuhkan sangatlah mahal untuk kalangan pemula, disini saya akan berbagi mengenai cara sederhana untuk  meenghasilkan foto makro dengan menggunakan kamera DSLR.

Alat yang diperlukan sebelum berburu :

1. Kamera

DSLR adalah singkatan dari Digital Single-Lens Reflex. Kamera DSLR artinya kamera digital yang menggunakan refreksi lensa tunggal. Guna mengintip objek yang akan difoto.

2.Macro Extension Tube.

Extension Tube merupakan alat tambahan yang murah & efektif untuk foto macro. Prinsip dasar alat ini adalah menjauhkan jarak lensa dari kamera,Alat ini dapat meningkatkan pembesaran tergantung dari berapa kali pembesaran dan berapa banyak alat ini terpasang pada sebuah kamera.

3. Built Body Flash

Yakni membangun flash untuk makro, Mungkin alat ini yg paling terjangkau dan sangat Variatif. Biasanya menggunakan kardus bekas pasta gigi dan didalamnya dilapisi oleh alumunium foil dan diujung depannya diberi diffuser. gunaya  Para peminat menggunakan berbagai macam alat yg ada disekitar kita mulai dari kardus bekas odol sampai botol bekas minuman susu anak2, yg didalamnya dilapisi alumunium foil agar cahaya yang dihasilkan baik, agar cahaya tepat sasaran,dan di beri diffuser didepanya.

4. Setting Kamera

a. Ubah Picture Style.
1.Canon
- Sharpness     : 5-6
- Contrast     : +1
- Saturation     : +2
- Color Tone     : 0
2.Nikon
Disarankan menggunakan Standar Picture Style TETAPI menambahkan saturasi nya antara +2 atau +3.
b. Yang lainnya.
-Spot Metcring
-Day Light White Balance
-Color Space    : sRGB
-Quality : RAW atau JPEG
-One shot dengan mode continous shooting
-Manual focus di lensa
-Gunakan AV atau TV mode, tergantung dari aktivitas objek.
Terakhir selamat mencoba
Salam Jepret

0 Response to "Teknik foto Makro"

Posting Komentar