Cara Membuat Kotak Komentar Pada Blogger

Kebanyakan para blogger atau webmaster pasti akan senang kalau tulisan atau postingannya dikomentari oleh banyak orang. Ini menunjukkan bahwa blog yang dikelolanya dengan susah payah itu dikunjungi dan disukai oleh banyak orang. Sebagian template yang bisa didapatkan secara gratis di internet menyediakan kotak komentar yang ditaruh di bawah postingan. Sebagian lagi tidak menyediakan, contohnya pada Blogspot atau Blogger. Lalu bagaimana caranya supaya blog kita mempunyai kotak komentar? Simak penjelasan cara Membuat kotak komentar pada blogger di bawah ini:

Coba cari template blogger yang lain, lalu download dan instal pada blog anda. Sebagian template pada blogger memang menyediakan kotak komentar.

Bagaimana jika anda tidak menemukannya? Jangan kuatir. Masih ada cara membuat kotak komentar pada blogger lainnya. Caranya hanya menambahkan kode script pada template anda. Pertama-tama, anda loginlah dulu ke http://draft.blogger.com. Terus menuju ke edit HTML untuk mencari script template anda. Centang expand widgetnya. Selanjutnya cari kode seperti ini:

<p
class='comment-footer'><b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl'
expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
</b:if> </p>

Untuk mempermudah pencarian, gunakanlah Ctrl+F lalu masukkan beberapa kode tersebut dan tekan enter. Kode yang anda cari akan ditandai oleh komputer dengan huruf tebal. Tuuh.. gampang, kan nyarinya?

Setelah anda menemukan script yang dimaksud, lalu ganti script itu dan copas dengan kode script di bawah ini.

<p
class='comment-footer'><b:if
cond='data:post.embedCommentForm'> <b:include data='post'
name='comment-form'/> <b:else/> <b:if
cond='data:post.allowComments'> <a
expr:href='data:post.addCommentUrl'
expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
</b:if> </b:if> </p>


Udah? Kalau sudah, sekarang klik tulisan simpan template anda. Lihat hasilnya pada situs anda.

Oh, ya. Sebelum kamu mengganti template kamu atau menambahkan script pada template untuk membuat kotak komentar pada blogger deh el..el.el, sebaiknya kamu download dulu template kamu yang lama, terus simpan pada komputer kamu. Hal ini sangat penting sekali karena apabila kamu gagal atau ada kesalahan dalam memasukkan kode script dan blog kamu jadi error, kamu bisa mengembalikan template yang lama saja sambil terus belajar. Selamat mencoba.

Semoga sukses!

0 Response to "Cara Membuat Kotak Komentar Pada Blogger"

Posting Komentar